Home / Sosial Budaya

Rabu, 24 November 2021 - 05:49 WIB

Baznas Berperan Penting dalam Pengentasan Kemiskinan

POTO BERSAMA. usai  Serah terima jabatan dari Pimpinan Baznas Garut Priode 2016-2021 Rd Aas Kosasih, Sag kepada Pimpinan Baznas Garut Priode 2021-2026 Abdullah Efendi,  SPdI, ME, Sertijab itu dilaksanakan di Aula Baznas Garut, Jalan Pramuka, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa (23/11/2021).

POTO BERSAMA. usai Serah terima jabatan dari Pimpinan Baznas Garut Priode 2016-2021 Rd Aas Kosasih, Sag kepada Pimpinan Baznas Garut Priode 2021-2026 Abdullah Efendi, SPdI, ME, Sertijab itu dilaksanakan di Aula Baznas Garut, Jalan Pramuka, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa (23/11/2021).

GARUT  KOTA, GARUT – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut melaksanakan Serah terima jabatan dari Pimpinan Baznas Garut Priode 2016-2021 Rd Aas Kosasih, Sag kepada Pimpinan Baznas Garut Priode 2021-2026 Abdullah Efendi,  SPdI, ME, Sertijab itu dilaksanakan di Aula Baznas Garut, Jalan Pramuka, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa (23/11/2021).

Dalam Sertijab Pengurus Baznas Garut itu, dihadiri oleh Asisten Daerah 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Dr. H Suherman, SH.MSi, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Drs. H. Anas Aolia Malik, M.Si., Ketua MUI Kabupaten Garut, KH Sirojul Munir, Perwakilan Kementrian Agama Garut, dan empat Komisioner Baznas Garut yakni, Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan Cecep Rukma, Ssos. MSi., Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian  Pendayagunaan Hendi Muhyidin SPdI,  Wakil Ketua III Bidang Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan DR. Dian Roslan Hidayat dan Wakil Ketua IV Bidang SDM, Kesekretariatan dan Umum Ceng Irfan Noval, MAg. dan seluruh staff  Baznas Kabupaten Garut.

Asisten Daerah 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahtraan Rakyat, Dr. H Suherman, SH, MSi, mengatakan kepengurusan sebelumnya telah berhasil meningkatkan dana zakat secara signifikan.

Baca juga   Baznas Tanggap Bencana, Bantu Penyintas Banjir dan Longsor Sukawening-Karangtengah

“ Luar biasa, Ketua lama dari tahun 2016, dana zakat 400 juta, sekarang berada di 3 miliar,”katanya.

Kemudian, kata dia, Hal ini menjadi tantangan besar, untuk kepengurusan yang baru agar bisa meningkatkan kinerja Baznas kedepannya.

Ia menjelasakan, Baznas berperan penting dalam mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Garut, melalui pembagian delapan ashnaf diantaranya untuk fakir, miskin dan lain sebagainnya.

“Jika Baznas ini, mampu mengolah dana umat yang cukup besar ini, tentu dapat dapat mensejahterakan fakir, miskin,”ujarnya.

Ia menilai, potensi zakat di Kabupaten Garut cukup besar, Hal ini karena, hampir 99 persen masyarakat Garut beragama muslim.

“Jika masyarakat membayar zakat secara optimal, ini bisa mengatasi semua, minimal bisa mengatasi kemiskinan,” ucapnya.

Ia berharap, Kepengurusan yang baru, bisa terus menjalankan visi misi Pemerintah Garut, yakni, Garut Taqwa, Maju dan Sejahtera.

Mantan Ketua Baznas Kabupaten Garut, Rd H Aas Kosasih, SAg, menuturkan, Kepengurusan yang baru, harus lebih bekerja keras lagi, Program yang telah berjalan dengan baik agar dipertahankan dan melakukan inovasi untuk kemajuan Baznas kedepan.

Baca juga   DT Peduli Bersama BPKH dirikan Dapur Sehat di Lokasi Banjir Bandang Sukawening-Karangtengah

“Dalam hal pengumpulan- pengumpulan ini, jangan sampai kendor, karena menurut pengalaman saya selama lima tahun. Kalau kendor itu akan kendor juga uang yang akan dititipkan ke Baznas,”katanya.

Oleh karena itu, kata Ia, Pimpinan Baznas harus menyiapkan strategi untuk pengumpulan zakat lebih besar lagi.

“Ketika zakat, infaq, shodaqoh  yang dititipkan ke Baznas, maka Baznas akan memberikan kemanfaatan untuk umat, tentunya akan membantu para mustahik sesuai dengan delapan ashnaf,”ujarnya.

Ketua Baznas Garut Priode 2021-2026 Abdullah Efendi,  SPdI, ME, mengpresiasi Ketua Baznas Kabupaten Garut 2016-2021 yang telah memberikan motivasi, Pihaknya berjanji akan melanjutkan program yang  berhasil dirintis oleh kepengurusan sebelumnya.

“Kami akan mengembangkan apa yang telah dirintis oleh Pak Aas, agar lebih banyak lagi manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat,” katanya.

Ia siap terbuka, terhadap saran dan masukan dari berbagai pihak untuk kemajuan Baznas kedepan.

Ketua MUI Kabupaten Garut, KH Sirojul Munir mengapresiasi keberhasilan pengurus lama dalam pengumpulan zakat, infak dan sodaqoh, dan ia berharap pengurus baru agar lebih meningkatkan kinerjanya.

Share :

Baca Juga

Edukasi

KAHMI Berkontribusi Dalam Pembangunan Masyarakat Indonesia

Birokrasi

Peran Wanita Jadikan Garut Lebih Kondusif, Dinamis, dan Maju dalam Peradaban

Sosial Budaya

IDI Garut Bersama DT Peduli Garut , Salurkan Puluhan Paket Bantuan Bagi Penyintas di Talegong

Sosial Budaya

UPZ Baznas , Bantu Pengumpulan dan Pendistribusian Zakat

Sosial Budaya

Baznas Tanggap Bencana, Bantu Penyintas Banjir dan Longsor Sukawening-Karangtengah

Sosial Budaya

ACT-MRI Garut Salurkan Bantuan untuk Penyintas Bencana Longsor di Samarang

Sosial Budaya

Bank bjb Salurkan Bantuan untuk  Korban Banjir di Garut

Sosial Budaya

Pemuda Muhammadiyah Garut, Dukung Khitanan Massal 1000 Anak