Home / Sosial Budaya

Kamis, 2 Desember 2021 - 21:25 WIB

PLN UID Jabar Dukung Gerakan Peduli Daerah Aliran Sungai (DAS)

SIMBOLIS. Manajer Komunikasi PLN UID (Unit Induk Distribusi) Jawa Barat, Iwan Ridwan menyerahkan secara simbolis Bantuan Penanaman Pohon kepda Sekda Garut Nurdin Yana, pada Launching Program Gerakan Desa Peduli Daerah Aliran Sungai (GD-PDAS), Kamis (2/12/2021).

SIMBOLIS. Manajer Komunikasi PLN UID (Unit Induk Distribusi) Jawa Barat, Iwan Ridwan menyerahkan secara simbolis Bantuan Penanaman Pohon kepda Sekda Garut Nurdin Yana, pada Launching Program Gerakan Desa Peduli Daerah Aliran Sungai (GD-PDAS), Kamis (2/12/2021).

TAROGONG KALER, GARUT – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat (UID Jabar) mendukung Program Gerakan Desa Peduli Daerah Aliran Sungai (GD-PDAS) dengan konsep Membangun Model Agroforestry. Program itu di launching, dalam upaya perlindungan tanah untuk meminimalisir abrasi di Daerah Aliran Sungai (DAS).

Bentuk Dukungan PLN UID Jawa Barat terhadap Program itu, dengan  memberikan Program PLN Peduli  berupa bantuan Penanaman Pohon 2021. Bantuan Itu untuk Pemulihan Lahan Kritis dan Ketahanan Pariwisata Di kabupaten Garut.

Manajer Komunikasi PLN UID (Unit Induk Distribusi) Jawa Barat, Iwan Ridwan, menuturkan, Program Penanaman Pohon Tahun 2021 ini merupakan salah satu bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dilaksanakan bertepatan dengan momentum Bulan Menanam Pohon Nasional.

Baca juga   Hari Listrik Nasional ke-76, PLN Luncurkan Promo Super Dasyat Tambah Daya Hanya Rp 202.100

“ Kami sangat mendukung setiap kegiatan yang berkaitan dengan pelestarian alam,”tuturnya, usai Launching Program Gerakan Desa Peduli Daerah Aliran Sungai (GD-PDAS), di Kampung Citiis, Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Kamis (2/12/2021).

Ia menjelaskan, bantuan TJSL penanaman pohon ini, adalah wujud peran serta dan dukungan PLN terhadap pelestarian alam menjaga ekosistem daratan.

“semoga dengan ditanamnya pohon-pohon ini, bisa ikut melestarikan kondisi alam yang kritis atau yang rusak, sehingga Garut bisa kembali hijau dan terhindar dari bencana-bencana yang kemarin-kemarin datang silih berganti,” ujarnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana mengatakan, sebanyak  85 persen wilayah di Kabupaten Garut merupakan daerah konservasi. Maka dari itu, Pihaknya berharap penanaman pohon ini, dapat meningkatkan penyerapan air,  sehingga meminimalisir terjadinya bencana.

Baca juga   UPZ Baznas , Bantu Pengumpulan dan Pendistribusian Zakat

“Penanaman pohon ini, juga dalam rangka mengembangkan potensi wisata, khususnya yang dimiliki oleh Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut,”katanya.

Ketua FK-PDAS Garut, Uun Frinawati mengatakan, target launchingnya Gerakan Peduli DAS ini, berkurangnya lahan kritis di Kabupaten Garut.

“ Kita juga melakukan tata kelola sampah dan agar sampah di Kabupaten Garut bisa berkurang,”ucapnya. .

Ia menerangkan ,  Pihaknya melakukan penanaman pohon tanaman keras, diatas lahan 7 hektar di dua desa yaitu Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler dan Desa Parakan, Kecamatan Samarang.

“Kita bersama-sama menanam kurang lebih 15.000 pohon buah-buahan dan tanaman keras lainnya,” ujarnya.

Share :

Baca Juga

Sosial Budaya

DT Peduli Garut Bersama Bale Khitan Paseban, Laksanakan Khitan Kadeudeuh Sebanyak 178 Anak

Edukasi

Peserta BPJamsostek Usia 56, Bisa Klaim JHT Meski Masih Aktif Bekerja

Sosial Budaya

BPJS Ketenagaakerjaan Garut Serahkan Santunan Kematian untuk Tenaga Pendidik Keagamaan

Sosial Budaya

ACT Salurkan Paket Pangan Kepada Pekerja Sektor Informal

Sosial Budaya

Bagikan Mushaf untuk Turunkan Buta Aksara Quran.

Birokrasi

Peran Wanita Jadikan Garut Lebih Kondusif, Dinamis, dan Maju dalam Peradaban

Sosial Budaya

BAZNAS, LEMBAGA TERPERCAYA DAPAT MENINGKATKAN PENGHIMPUNAN UNTUK MENGURANGI KESENJANGAN PASCA PANDEMI

Sosial Budaya

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan, Dapat Beasiswa Hingga Perguruan Tinggi