Home / Olahraga

Minggu, 26 Desember 2021 - 17:06 WIB

Inilah Fakta Keren Sirkuit  Mandalika, Yang Bikin Malaysia  Ketar-Ketir

Sirkuit Pertamina Mandalika International Dok ITDC Mandalika Lombok

Sirkuit Pertamina Mandalika International Dok ITDC Mandalika Lombok

WartaGarut.com -Bagi pecinta dunia balapan pasti tak  asing dengan sirkuit Sepang Malaysia,  sirkuit ini sudah bertahun-tahun menjadi  tempat gelaran balapan skala  internasional seperti MotoGP, bahkan  lintasan satu ini dinobatkan sebagai  yang terbaik di Asia Tenggara.namun hadirnya sirkuit Mandalika di  Indonesia membuat Malaysia merasa mulai terancam dan tersaingi.

CEO Sepang  International Sirkuit justru merasa  khawatir, jika nantinya Indonesia  menggeser posisi nyaman tuan rumah  MotoGP yang selama ini dipegang Malaysia.  selama ini Malaysia menjadi  satu-satunya negara di Asia Tenggara  yang paling rutin menjadi tuan rumah  MotoGP.

Seiring adanya  sirkuit lain di Asia Tenggara  seperti Buriram di Thailand, dan  Mandalika di Indonesia jelas ini menjadi  ancaman besar . selama ini sepang  menjadi tujuan bagi  banyak orang di Asia untuk menyaksikan  gelaran MotoGP.

Dilansir dari kanal youtube Ada Yang Baru, Dengan hadirnya  sirkuit internasional Pertamina  Mandalika tentu menjadi ancaman nyata  buat Malaysia yang selama ini sangat  dominan, bahkan Bos Sepang khawatir  penonton di Malaysia berkurang, apalagi  Mandalika digadang-gadang memiliki  keunggulan dari Sepang, terutama dari  panoramanya yang sangat indah, bahkan ada  yang mengatakan pembalap datang ke  Mandalika layaknya seperti liburan.Selain itu aspal di Mandalika juga  dinilai lebih baik dari Sepang .

Memiliki  Aspal Terbaik 

selain keren, jalur lintasan di Sirkuit  Mandalika memiliki kualitas aspal  terbaik.  aspal dibuat tiga lapis, dengan  bagian atas menggunakan teknologi Stone  mastic Asphalt.

Baca juga   Ketua KONI Garut : Optimis, Tim Rugby Garut, Dapat Medali Pada Porprov Jabar 2022

stonestick Asphalt  merupakan aspal  pengembangan terbaru dari Inggris yang  memiliki banyak keunggulan, salah satunya  adalah cepat kering ketika kondisi basah. aspal jenis ini memiliki tekstur terbaik  dan sangat nyaman digunakan pembalap,  bahkan dengan kecepatan 360 Km/Jam.

beberapa  sirkuit di dunia yang sudah memakai  aspal ini antara lain, sirkuit  silverstone Inggris, sirkuit Dubai, dan  sirkuit Phillip Island Australia.

Berada di Tepi Pantai 

sirkuit Mandalika memiliki keunggulan  yang mungkin tak dimiliki sirkuit  lainnya di dunia ini, dimana sirkuit  Mandalika berada tepat di pinggir pantai  yang indah, plus dikelilingi perbukitan  perbukitan yang berbaris,  bahkan banyak yang beranggapan bahwa balapan di  Mandalika layaknya seperti liburan,  apalagi sirkuit ini terbilang sangat  baru, tentu memiliki daya tarik  tersendiri bagi banyak pembalap di dunia.

Memiliki  17  Tikungan 

sirkuit International Pertamina  Mandalika memiliki panjang total 4,3 Km dengan  jumlah tikungan sebanyak 17 tikungan. ada  salah satu tikungan yang dianggap paling  favorit karena memiliki pemandangan yang  lebih indah dari tikungan lainnya yaitu,  tikungan ke-10 . tikungan ini memiliki  view pantai yang sangat memanjakan mata.

Sirkuit Jalan Raya Pertama di MotoGP

Sirkuit Mandalika adalah sirkuit Jalan  Raya pertama di MotoGP. lintasan ini  dibangun dengan konsep sirkuit Jalan  Raya, pasalnya sebagian dari sirkuit ini  nantinya akan dibuka untuk umum sebagai  Jalan Raya, hal ini membuatnya menjadi  Line dan MotoGP pertama yang memiliki  konsep sirkuit Jalan Raya.

Baca juga   Ketua KONI Garut : Cegah dan Hindari Narkoba dengan Olahraga

Kapasitas Penonton 

dikutip dari Pertamina, sirkuit Mandalika  memiliki kapasitas hingga  195.000 total penonton. Sementara itu di  bagian Grand stand memiliki kapasitas  50.000 seat atau tempat duduk, mengingat  sirkuit ini memiliki nilai plus pada  panoramanya yang sangat indah, diyakini  sirkuit Mandalika akan selalu menyedot  banyak penonton di setiap gelaran MotoGP.

Menelan Biaya Satu Triliun 

membangun sirkuit sebesar dan sebagus  ini tentu membutuhkan biaya yang tidak  sedikit,  diketahui sirkuit internasional  Mandalika menelan biaya pembangunan  hingga 1,1 Triliun Rupiah, namun melihat  hasil dan juga manfaatnya yang dapat  membanggakan Indonesia di mata  internasional, tentu biaya sebesar ini  bukanlah masalah

Selain itu sirkuit Mandalika juga dapat  menjadi pintu masuk para wisatawan  mancanegara untuk lebih mengenal  keindahan tanah Lombok, bukan tidak  mungkin setelah ini keindahan Lombok  akan semakin mendunia.

diresmikan presiden

sirkuit Pertamina Mandalika langsung  diresmikan oleh Presiden Joko Widodo  orang nomor satu Indonesia ini, menjajal  sirkuit dengan motor custom warna hijau  garapan katros garage, setelah diresmikan  sirkuit Mandalika siap menjadi tuan  rumah ajang balapan skala internasional.

Share :

Baca Juga

Olahraga

2.235 Medali, Diperebutkan Pada Porkab Garut 2021

PERSIB

Turnamen Pramusim 2022, Persib Bandung  Ada Di Grup Neraka

Olahraga

H Syakur : Penghargaan ini Jadi Tantangan untuk Perubahan Signifikan Dalam Pengembangan Olahraga di Garut

Olahraga

Ternyata Segini Gaji Punggawa Timnas yang Sukses Membawa Timnas Indonesia ke Final

Olahraga

Ancelotti: saya di Bernabeu dua minggu yang lalu, dan menjadi tuan rumah pertandingan sepertinya mustahil

Olahraga

Porkab Garut, Bisa Dukung Pelaksanaan Porprov Jabar 2022

Olahraga

Shin Tae-yong Pelatih Bermental Juara

Bisnis

Pacuan Kuda Lengkapi Keragaman Wisata di Kabupaten Garut