Kantong Plastik vs. Kantong Kertas: Mana yang Lebih Ramah Lingkungan?

- Jurnalis

Jumat, 28 April 2023 - 08:41 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gambar oleh Anja dari Pixabay

Gambar oleh Anja dari Pixabay

Kantong plastik adalah salah satu masalah lingkungan yang telah menjadi perhatian dunia. Miliaran kantong plastik digunakan setiap tahun dan sebagian besar akhirnya menjadi sampah yang merusak lingkungan. Banyak kota di seluruh dunia telah mengambil tindakan dengan melarang atau memberlakukan pajak atas penggunaan kantong plastik sekali pakai dalam upaya untuk mengurangi limbah plastik.

Namun, apakah penggunaan kantong kertas atau tas yang dapat digunakan kembali lebih baik untuk lingkungan? Ada banyak pandangan yang berbeda tentang hal ini dan ilmu pengetahuan belum memberikan jawaban yang pasti. Sebagai konsumen, kita perlu mempertimbangkan berbagai faktor ketika memilih jenis tas yang akan digunakan untuk belanja. Dalam artikel ini, kita akan membahas manfaat dan kerugian dari penggunaan kantong plastik dan kantong kertas, serta beberapa alternatif lainnya. Dengan mengetahui informasi ini, kita dapat membuat keputusan yang lebih bijaksana dalam memilih opsi pengantongan yang lebih ramah lingkungan.

Dalam bab ini, akan dibahas tentang latar belakang, tujuan, dan batasan masalah dari topik yang akan dibahas dalam penelitian ini. Selain itu, akan dijelaskan mengenai metodologi yang digunakan dalam penelitian ini, serta sistematika penulisan dari keseluruhan laporan penelitian.

Pada bagian latar belakang, akan dijelaskan tentang masalah atau permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, serta pentingnya penelitian tersebut dalam konteks yang lebih luas. Sedangkan pada bagian tujuan, akan dijelaskan secara jelas mengenai apa yang ingin dicapai atau diteliti dalam penelitian ini. Adapun pada bagian batasan masalah, akan dijelaskan batasan-batasan atau ruang lingkup dari penelitian ini.

Metodologi penelitian juga akan dijelaskan dengan detail, mulai dari jenis penelitian yang dilakukan, teknik pengumpulan data, analisis data, dan interpretasi hasil penelitian. Terakhir, akan dijelaskan sistematika penulisan dari laporan penelitian ini, yang meliputi bab-bab yang terdapat dalam laporan penelitian dan isi dari masing-masing bab tersebut.

I. Kantong Plastik

Penggunaan kantong plastik menjadi salah satu permasalahan lingkungan yang cukup serius di Indonesia. Kantong plastik sering digunakan untuk membungkus atau membawa barang belanjaan dari toko ke rumah, namun setelah itu kantong plastik tersebut biasanya dibuang begitu saja atau dibuang ke tempat sampah yang tidak tepat. Hal ini menyebabkan pencemaran lingkungan yang cukup besar, karena kantong plastik yang tidak terurai dapat mencemari tanah dan air.

Baca Juga :  DLH Kabupaten Garut Gelar Serangkaian Kegiatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024

Beberapa negara di dunia sudah mengambil langkah untuk mengurangi penggunaan kantong plastik, seperti melarang penggunaannya di toko-toko atau memberlakukan pajak untuk setiap kantong plastik yang digunakan. Di Indonesia sendiri, beberapa kota seperti Bali dan Bogor sudah melarang penggunaan kantong plastik di toko-toko modern dan swalayan. Namun, masih banyak toko-toko tradisional dan warung kecil yang masih menggunakan kantong plastik sebagai bungkus.

Untuk mengatasi permasalahan penggunaan kantong plastik, diperlukan kesadaran dari semua pihak untuk beralih ke penggunaan kantong yang lebih ramah lingkungan, seperti kantong kain atau tas belanja yang dapat digunakan berulang kali. Selain itu, pemerintah juga dapat memberikan insentif atau sanksi bagi toko-toko yang masih menggunakan kantong plastik secara berlebihan, sehingga penggunaan kantong plastik dapat dikurangi secara signifikan dan lingkungan dapat terjaga.

II. Kantong Kertas

Kantong kertas merupakan alternatif yang lebih ramah lingkungan dibandingkan kantong plastik. Kantong kertas dibuat dari bahan dasar serat kayu yang dapat di daur ulang dan terurai secara alami. Selain itu, produksi kantong kertas juga menghasilkan emisi karbon yang lebih rendah daripada kantong plastik.

Namun, kantong kertas juga memiliki kekurangan seperti mudah rusak jika terkena air atau basah. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini, kantong kertas dapat diberi lapisan pelindung berupa kertas laminasi atau kertas washi yang tahan air.

Kantong kertas juga dapat didaur ulang menjadi kertas daur ulang dan dijadikan kembali sebagai bahan baku pembuatan kantong kertas. Hal ini membantu mengurangi limbah dan mendorong penggunaan bahan daur ulang yang ramah lingkungan.

Kantong kertas juga bisa menjadi pilihan yang lebih menarik secara estetika, karena dapat dicetak dengan berbagai motif dan warna yang menarik. Hal ini dapat menambah nilai jual bagi produk yang dikemas dengan kantong kertas, serta dapat meningkatkan kesadaran konsumen akan kepedulian terhadap lingkungan.

Baca Juga :  Citimall Garut Hadirkan Tenant Nasional terbaru, Siap Hadirkan Pengalaman Belanja dan Hiburan Terbaik di Garut

III. Perbandingan Kantong Plastik dan Kertas

Dalam hal perbandingan antara kantong plastik dan kertas, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Di satu sisi, kantong plastik lebih tahan lama dan lebih mudah dibersihkan dibandingkan dengan kantong kertas. Kantong plastik juga lebih kuat dan tahan terhadap air, sehingga cocok untuk digunakan saat membawa barang yang basah atau terkena air.

Namun, di sisi lain, kantong kertas lebih ramah lingkungan dan mudah terurai. Kantong kertas juga dapat didaur ulang, sedangkan kantong plastik sulit untuk didaur ulang dan dapat mencemari lingkungan. Selain itu, penggunaan kantong kertas dapat membantu mengurangi penggunaan bahan plastik yang semakin membanjiri lingkungan dan membahayakan kehidupan laut.

Mengingat perbedaan ini, penting bagi kita untuk mempertimbangkan pilihan kita dalam penggunaan kantong plastik atau kertas. Sebagai konsumen, kita bisa memilih untuk membawa kantong kain atau tote bag yang dapat digunakan berulang kali sebagai alternatif pengganti kantong plastik atau kertas. Dengan cara ini, kita dapat membantu mengurangi jumlah limbah plastik dan kertas yang dihasilkan dan menjaga keberlanjutan lingkungan.

IV. Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kantong kertas lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan kantong plastik. Meskipun kantong kertas memerlukan sumber daya yang lebih besar dalam produksinya, namun kantong kertas dapat didaur ulang dan memiliki waktu hancur yang lebih singkat sehingga tidak menimbulkan dampak lingkungan yang merugikan. Di sisi lain, kantong plastik sulit untuk didaur ulang dan memerlukan waktu hancur yang sangat lama sehingga dapat mencemari lingkungan dan membahayakan kehidupan makhluk hidup di laut dan darat. Oleh karena itu, kita sebaiknya mengurangi penggunaan kantong plastik dan beralih ke kantong kertas atau bahan alternatif yang lebih ramah lingkungan untuk menjaga kelestarian alam dan keseimbangan ekosistem.

Berita Terkait

Mengatasi Sindrom Nice Guy, Perjuangan Cinta Membangun Hubungan Sehat, Self-Improvement, dan Self-Acceptance
Rahasia Manfaat Jus Wortel: Suplemen Vitamin A dan Karoten untuk Kesehatan mata dan Kulit Sehat
Peringati Hardiknas, Enjang Tedi Bersyukur Ribuan Guru Honorer di Garut Kini Berstatus PPPK
Sarapan: Kenapa Cokelat Hitam Sehat untukmu?
Panduan Merawat Anak Kucing dengan Benar dan Ilmiah
Resep Masakan: Ayam Goreng Kremes yang Renyah dan Gurih
Berita ini 861 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 11 Juli 2023 - 18:39 WIB

Mengatasi Sindrom Nice Guy, Perjuangan Cinta Membangun Hubungan Sehat, Self-Improvement, dan Self-Acceptance

Senin, 10 Juli 2023 - 06:10 WIB

Rahasia Manfaat Jus Wortel: Suplemen Vitamin A dan Karoten untuk Kesehatan mata dan Kulit Sehat

Selasa, 2 Mei 2023 - 10:57 WIB

Peringati Hardiknas, Enjang Tedi Bersyukur Ribuan Guru Honorer di Garut Kini Berstatus PPPK

Jumat, 28 April 2023 - 08:41 WIB

Kantong Plastik vs. Kantong Kertas: Mana yang Lebih Ramah Lingkungan?

Jumat, 28 April 2023 - 08:23 WIB

Sarapan: Kenapa Cokelat Hitam Sehat untukmu?

Jumat, 28 April 2023 - 07:46 WIB

Panduan Merawat Anak Kucing dengan Benar dan Ilmiah

Jumat, 10 Maret 2023 - 06:18 WIB

Resep Masakan: Ayam Goreng Kremes yang Renyah dan Gurih

Berita Terbaru