Home / Sosial Budaya

Selasa, 22 Februari 2022 - 06:20 WIB

Baznas Garut Laksanakan Sosialisasi Rencana Pengesahan Perbup Tentang Gerakan Infaq Sedekah

RAKOR. Baznas Garut Laksanakan Rakor dengan UPZ Kecamatan.di aula Kantor Baznas Jalan Pramuka, Garut Kota, Senin (21/2/2022)

RAKOR. Baznas Garut Laksanakan Rakor dengan UPZ Kecamatan.di aula Kantor Baznas Jalan Pramuka, Garut Kota, Senin (21/2/2022)

WARTAGARUT.COM–  Baznas Kabupaten Garut melaksanakan rapat koordinasi sekaligus pelantikan ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ) seluruh Kecamatan di Kabupaten Garut,  Rapat koordinasi itu dilaksanakan di aula Kantor Baznas Jalan Pramuka, Garut Kota, Senin (21/2/2022)

Ketua Baznas Kabupaten Garut Abdullah Efendi,  SpdI. ME, mengatakan, Kegiatan rapat koordinasi ini, untuk melaskanakan agenda pelantikan para ketua UPZ  di setiap kecamatan, serta melakukan sosialisasi tidaklanjut rencana pengesahan Peraturan Bupati terkait gerakan Infaq dan Sedekah.

”Pelantikan ini juga guna mengisi kekosongan ketua Unit Pengelola Zakat (UPZ) tingkat Kecamatan, Kita juga bersama dewan pengawas mendorong adanya Perbup gerakan Infaq dan zakat,”katanya.

Menurut Ia, Dana besar berasal dari infaq. Sehingga, kata dia, perlu payung hukum untuk legalitas formal, hal ini sejalan dengan yang  dicanangkan Baznas pusat.

Baca juga   ACT-MRI bersama KTPI Berikan Layanan Kesehatan Bagi Penyintas Banjir di Garut

Ia menerangkan, visi utama Baznas dengan Pemerintah Daerah Garut sangat selaras, dimana Garut yang mempunyai visi Garut Bertaqwa, Maju, dan Sejahtera. Sedangkan Baznas juga memiliki misi mensejahterakan umat.

”Salah satu indikator orang bertaqwa adalah dengan membayar zakat dan melaksanakan infaq. Semoga saja sebelum bulan puasa Perbup itu sudah disahkan oleh Bupati,” ucapnya.

Dewan pengawas Baznas Kabupaten Garut Dr. H. Suherman, SH., M.Si menyampaikan beberapa point terkait kegiatan rakor UPZ Baznas ini, yakni, melakukan edukasi  serta mendongkrak pengumpulan sedekah, Infaq dari masyarakat umum. Sehingga bisa membantu masyarakat yang tidak mampu.

Baca juga   Perhutani Garut dan Himakom Uniga Lakukan Penanaman Pohon

”Momentum yang tepat bulan Romadhon adalah bursa Amal, bursa Infaq, dan Sodakoh. Kesempatan itulah UPZ kecamatan dan seluruh yang ada bisa bekerjasama meningkat kan infaq dan sodakoh di tiap kecamatan” ujarnya.

Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan Cecep Rukma, Ssos. MSi.,menambahkan, sesuai yang direncanakan UPZ Kecamatan itu, akan betul-betul diberdayakan. Salah satunya, setiap usulan dari desa harus melalui UPZ Kecamatan. Kemudian berikutnya, kata dia, tentang optimalisasi kupon infaq Romadhon.

“Sudah disepakati bahwa UPZ Kecamatan akan bekerja sama dengan pihak desa untuk menyukseskan kupon infaq Romadhon tersebut.” katanya

Share :

Baca Juga

Sosial Budaya

Salurkan Dana Zakat Produktif, DT Peduli Garut Lakukan Seleksi Beasiswa Pelajar Tangguh Angkatan 2021/2022.

Sosial Budaya

ACT Garut nobatkan SMP IT Al-Khoriyyah sebagai sekolah dermawan

Sosial Budaya

Perhutani Garut dan Himakom Uniga Lakukan Penanaman Pohon

Sosial Budaya

Bank BIJ Salurkan Bantuan Rutilahu

Sosial Budaya

WOM Finance Peduli Korban Banjir Bandang Garut

Sosial Budaya

ACT-MRI bersama KTPI Berikan Layanan Kesehatan Bagi Penyintas Banjir di Garut

Sosial Budaya

Bantuan Mobil Rescue Dapat Optimalkan Kinerja BAZNAS Garut

Sosial Budaya

Bpjs  Ketenagakerjaan Berikan Fasilitas Pembiayaan Rumah