Home / Birokrasi

Kamis, 15 September 2022 - 06:16 WIB

Pemkab Garut Dukung BP2MI Lindungi Pekerja Migran Indonesia

Pelaksanaan Sosialisasi Meraih Peluang Kerja Ke Luar Negeri yang dilaksanakan di Aula Insitut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut, Jalan Terusan Pahlawan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (14/9/2022).

Pelaksanaan Sosialisasi Meraih Peluang Kerja Ke Luar Negeri yang dilaksanakan di Aula Insitut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut, Jalan Terusan Pahlawan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (14/9/2022).

WARTA GARUT – Pemerintah Kabupaten Garut bekerja sama dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Jawa Barat mengadakan Sosialisasi Meraih Peluang Kerja Ke Luar Negeri. Kegiatan Sosialisasi itu diadakan di Aula Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut, Jalan Terusan Pahlawan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (14/9/2022).

Bupati Garut H Rudy Gunawan mengatakan persoalan pekerjaan merupakan hal  pokok bagi setiap orang. Oleh karena itu kata dia, sosialisasi  ini dianggap sangat penting, terutama bagi para pekerja yang akan bekerja di luar negeri, membutuhkan informasi, salah satunya terkait perlindungan.

Baca juga   Pohon Samida akan Jadi Ikon Garut

“Badan perlindungan dan penempatan tenaga imigran, tenaga kerja imigran atau kita lebih kerennya diaspora, diaspora itu juga merupakan bagian orang yang dari Indonesia berada di luar negeri,”katanya menegaskan.

Direktur Penempatan Non Pemerintah Kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI, Sukarman menjelaskan, Kegiatan ini merupakan upaya strategis untuk memberantas pengiriman Pekerja Migran Indonesia (P2MI) secara non prosedural.

Baca juga   Bupati Garut Serahkan Penghargaan pada Dinas dan Tokoh Berprestasi di Tingkat Nasional

“Itu (PPMI non prosedural) adalah harusnya dimulai dari hulunya, hulunya itu adalah kantong-kantong di daerah-daerah,”katanya 

Bahkan kata dia, Jika  merujuk pada Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang  tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, Perlindungan itu kewajiban pemerintah mulai dari Pemerintahan Pusat hingga Hingga Pemerintahan, karena perlindungan itu bersifat menyeluruh dari hulu hingga hilir.

“Penyelenggaraan sosialisasi ini untuk  memperkuat kolaborasi sinergitas antara kementerian atau lembaga pusat dengan daerah,”ujarnya menjelaskan.

Share :

Baca Juga

Birokrasi

Yudi Lasminingrat Apresiasi Sertifikasi Aset Milik PCNU Garut 

Birokrasi

Bupati Garut Terima Kunjungan KPU Garut Terkait Sosialisasi Pemilu 2024

Birokrasi

Pemkab Garut dan UPI Jalin Kerjasama Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan

Birokrasi

Pemkab Garut Optimis Naik Level Mentor Pada Anugrah Parahita Ekapraya

Birokrasi

Core Values BerAKHLAK Mulai Masif Disosialisasikan Oleh Pemkab Garut

Birokrasi

Garut Miliki Potensi Besar, Terutama Bidang Kerajinan.

Birokrasi

Bupati Garut Ajak Masyarakat Tingkatkan Ukhuwah Islamiyyah

Birokrasi

Bupati Garut Hadiri Rapat Paripurna DPRD Garut Terkait Penetapan Renja DPRD Tahun 2023