Home / Kesehatan

Kamis, 10 November 2022 - 10:43 WIB

Bhayangkari Cabang Garut Gelar Pemeriksaan Kanker Serviks

WARTA GARUT – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-58 tahun 2022, Bhayangkari Cabang Garut bekerjasama dengan Biddokes Polres Garut, Dinas Kesehatan dan Laboratorium Diatest Kab. Garut, mengadakan pemeriksaan kesehatan Pap Smear bertempat di Klinik Wira Pratama Polres Garut Jl. Guntur No.50, Pakuwon, Kec. Garut Kota, Kabupaten Garut pada Rabu, (09/11/2022).

Ketua Bhayangkari Cabang Garut Ny. Mona Wirdhanto Hadicaksono mengatakan kegiatan pemeriksaan kesehatan ini dalam rangka memperingati HKN tahun 2022. “Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional tahun 2022”.

bhayangkari 1 e1668051537235

WAWANCARA. Ketua Bhayangkari Cabang Garut Ny. Mona Wirdhanto Hadicaksono (tengah) didampingi Kasat Reskrim Garut Ny.Wiwin Dede dan Kasidokkes Polres Garut Aceng Ridwan.,SKep.,Ners saat diwawancarai Wartawan di Klinik Wira Pratama Polres Garut Jl. Guntur No.50, Pakuwon, Kec. Garut Kota, Kabupaten Garut pada Rabu, (09/11/2022).

Ny. Mona Wirdhanto menyebutkan dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan ini terfokus pada pemeriksaan pap smear. “saya untuk diwilayah garut ini lebih konsen untuk mengadakannya itu pap smear,” ucapnya.

Baca juga   Cara Membuat Tajil Kurma Susu yang Sehat dan Menyegarkan untuk Berbuka Puasa

Ia menerangkan tujuan dari diadakannya pemeriksaan ini untuk mendeteksi secara dini kanker serviks.”tujuannya adalah untuk mendeteksi kanker serviks dilingkungan anggota Bhayangkari maupun Polwan dan PNS di lingkungan Polres Garut,” tuturnya.

Mona menambahkan saat ini para perempuan terutama yang sudah menikah belum mengetahui secara jelas terkait pap smear.”kebanyakan sebagian dari perempuan apalagi yang sudah menikah belum begitu mengenal apa sih itu pap smear? pap smear itu adalah salah cara pemeriksaan rahim wanita untuk mendeteksi dini dari penyakit kanker serviks,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini beliau berujar, pihaknya bekerjasama dengan Dokkes Polres Garut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut dan juga dengan Laboratorium Diatest Garut.” kita bekerjasama dengan Dokkes Polres Garut, kemudian Dinas Kesehatan, serta Laboratorium Diatest Kabupaten Garut,” ucapnya.

Baca juga   Pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Kabupaten Garut: Mencegah Penyebaran Virus Polio

Ia menuturkan dalam teknis pelaksanaan pemeriksaan dilakukan beberapa taharapan.”teknis pelaksanaannya adalah kegiatan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan, kemudian screaning awal (tensi,cek suhu, penimbangan berat badan, dan tinggi badan), kemudian kelengkapan administrasi (bpjs dan nomor NIK) kemudian registrasi oleh petugas Lab Diatest, setelah lolos baru dilakukan pemeriksaan pap smear,” tuturnya.

Dari dilaksanakannya kegiatan pemeriksaan ini pihaknya berharap para anggota bhayangkari bisa mengetahui lebih awal tentang kondisi kesehatan rahimnya dan bisa melaksanakan pencegahan kanker serviks.”harapan dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan anggota Bhayangkari Cabang Garut khususnya, bisa lebih awal mengetahui kondisi kesehatan rahim masing-masing dan bisa melaksanakan pencegahan kanker serviks sehingga bisa membantu untuk menuntaskan program pemerintah menaggulangi kesehatan kaum wanita,” harapnya.

Ditempat yang sama Kasidokkes Polres Garut Aceng Ridwan., S.Kep.Ners menyebutkan bahwa kegiatan ini khusus untuk Bhayangkari se-Cabang Garut di wilayah hukum Polres Garut, Polwan, dan PNS Polres Garut.”disini kita sasaran ibu Bhayangkari, Polwan, terus PNS Polres Garut sama ya mungkin keluarganya,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

IMG 20221211 WA0052 e1670750320574

Kesehatan

Ketua Tim TPPS Garut, Serahkan Paket PMT Bagi Balita Stunting
97a6b5eb 52b3 4e6b b218 63bc5a01d6ee

Kesehatan

Masyarakat Tarogong Kidul Sudah Banyak yang Divaksin
Hani Firdiani Koordinasi Sosialisasi dan Pembinaan Kader posyandu untuk Meningkatkan Kesehatan Masyarakat

Kesehatan

dr. Hani Firdiani: Koordinasi, Sosialisasi, dan Pembinaan Kader posyandu untuk Meningkatkan Kesehatan Masyarakat
wabup cek penyakit pmk

Kesehatan

3 Bagian Daging Hewan yang Harus Dihindari untuk Cegah PMK
WhatsApp Image 2022 03 13 at 19.35.56 1

Kesehatan

Target Kedepan Garut menjadi Rujukan Pemeriksaan Kesehatan
IMG 20230223 WA0107 e1677146438285

Kesehatan

Diterpa Penyakit Difteri, Pemkab Garut Berencana Lakukan Imunisasi Massal
IMG 20230221 WA0174 e1676982671730

Kesehatan

Pemkab Garut Tetapkan Kasus Difteri Kejadian Luar Biasa
Wakil Bupati Garut Pembinaan Motivator Donor Darah Se kabupaten Garut Untuk Peningkatan Kesadaran Donor Darah

Kesehatan

Wakil Bupati Garut: Pembinaan Motivator Donor Darah Se-kabupaten Garut, Untuk Peningkatan Kesadaran Donor Darah