Home / Kesehatan

Minggu, 13 Maret 2022 - 19:57 WIB

Target Kedepan Garut menjadi Rujukan Pemeriksaan Kesehatan

Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman meresmikan Klinik Pratama  Achlan Medikadi Jalan  Warung Gagak  02/03 ( Gerbang Perum Puri Gandasari) Desa Mangkurakyat Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut, Minggu (13/03/2022)

Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman meresmikan Klinik Pratama Achlan Medikadi Jalan Warung Gagak 02/03 ( Gerbang Perum Puri Gandasari) Desa Mangkurakyat Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut, Minggu (13/03/2022)

WARTAGARUT.COM – Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman meresmikan Klinik Pratama  Achlan Medika,Peresmian Klinik dibawah naungan Yayasan Achlan Tjakradimangun Center  ini,diresmikan di Jalan  Warung Gagak  02/03 ( Gerbang Perum Puri Gandasari) Desa Mangkurakyat Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut, Minggu (13/03/2022),

“Kabupaten Garut koor Bisnisnya wisata dan pertanian, maka yang lainnya harus ikut kalau termasuk kesehatan, karena didalamnya  ada peluang yang harus kita raih,”ujar wakil bupati garut dalam sambutannya.

Ia mencontohkan, Singapura dan Malaysia  yang fokus mengelola health tourism (wisata kesehatan),kedua negara tersebut menjadikan kesehatan berbasis wisata atau sebaliknya wisata berbasis kesehatan.

Pihaknya menilai, Kabupaten Garut memiliki peluang besar untuk mewujudkan itu,dengan membuat Rumah sakit Spesialis, sehingga rumah sakit di Kabupaten Garut menjadi rujukan dari luar kota.

Baca juga   Ponpes Cipari Laksanakan Vaksinasi, Guna Cegah Penyebaran Covid-19 dan Percepatan Target Vaksinasi

“Kita punya peluang yang sangat luar biasa, potensi wisata sudah ada, sehingga nantinya orang yang datang berobat ke Garut bisa sekaligus berwisata di Garut, Berobat sambil berwisata,”Jelasnya..

Saat ini, kata dia, di Garut telah ada klinik khusus jiwa dan pengobatan paru.kedepan akan dikembangkan klinik atau rumah sakit spesialis.

“Kita punya modal Sejarah, Hotel Ngamplang awalnya adalah Rumah Sakit rujukan bukan hanya dari Indonesia  juga dari Eropa, pada waktu itu dirujuknya bukan ke Jerman, tapi dirujuknya ke indonesia ke Rumah Sakit Ngamplang Garut,”ucapnya.  

Akan tetapi menurut dia, untuk mewujudkan itu, perlu waktu, maka pihaknya  menyiapkan sistem kesehatan yang mumpuni, terutama bidang pencegahan ataupun di bidang pengobatan. 

Baca juga   Lurah Kota Wetan,Targetkan 800 Dosis Vaksin Perminggu

Ia menilai, sistem kesehatan saat ini belum sempurna, meskipun sudah ada Puskesmas perawatan, Rumah sakit dan klinik.Hal ini, kata dia, karena masih ada keluhan terkait pelayanan terutama ketika berobat.

“Jadi klinik ini, merupakan salah satu jawaban, untuk memperbaiki sistem kesehatan, sehingga sistem kesehatan yang  mumpuni, Peran Puskesmas lebih banyak ke arah preventif dan Promotif, Klinik lebih kearah kuratif rehabilitatif,”ujarnya.

Ia berharap, Klinik Pratama Achlan Medika bisa melayani pengobatan masyarakat dengan dukungan kebutuhan-kebutuhan Sesuai dengan standar klinik.

“Mudah Mudahan Klinik Pratama Achlan Medika menjadi Klinik Pratama yang terbaik sesuai dengan harapan Ibu Tri selaku Direktur, karena kalau kita lihat dari depan dan dalam sudah bagus,”ujarnya

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Inilah Makanan Pria Sejati, untuk Naikan Testosterone

Birokrasi

Dinkes Garut, Belum Pastikan Pasien Positif Covid-19, Terpapar Omicron

Kesehatan

Klinik Pratama Tarogong  Laksanakan Bakti Sosial Operasi Katarak Mata

Kesehatan

Perawat Berperan Besar Dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Kesehatan

Bank Garut, Siap Dukung  Pemerintah Sukseskan Pecepatan Vaksinasi

Kesehatan

Kades Sukawening : Vaksinasi Dapat Bentengi dari Virus Covid-19

Kesehatan

Masyarakat Tarogong Kidul Sudah Banyak yang Divaksin

Kesehatan

Cuka Apel Dapat Mengobati Infeksi Bakteri