Home / Uncategorized

Rabu, 22 Desember 2021 - 22:21 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Garut Lakukan Sosialisasi Manfaat Kepesertaan Bagi Perangkat Desa 

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Garut, Widya Satriyanto poto bersama dengan narasumber dan peserta sosialisasi manfaat Program kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan,di Ballroom Fave Hotel, Jalan Cimanuk Nomor Desa Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul Garut, Rabu (22/12/2021).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Garut, Widya Satriyanto poto bersama dengan narasumber dan peserta sosialisasi manfaat Program kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan,di Ballroom Fave Hotel, Jalan Cimanuk Nomor Desa Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul Garut, Rabu (22/12/2021).

TAROGONG KIDUL,GARUT – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Garut melakukan sosialisasi manfaat Program kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, untuk Perangkat Desa Bersama Kecamatan dan APDESI Kabupaten Garut. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ballroom Fave Hotel, Jalan Cimanuk Nomor Desa Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul Garut, Rabu (22/12/2021).

Sosialisasi Manfaat Program BPJS Ketenagakerjaan itu, bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dan Bagian Hukum Sekretaris Daerah ( Setda) Kabupaten Garut.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Garut, Widya Satriyanto menuturkan, Kegiatan sosialisasi tersebut, difokuskan kepada Perangkat desa dan Tenaga Kerja Kontrak (TKK) di lingkungan Kecamatan se-Kabupaten Garut.
Pada kegiatan itu, Pihaknya mengundang perwakilan dari 42 kecamatan termasuk Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia ( APDESI) setiap kecamatan di Kabupaten Garut.

“ Kita melibatkan Apdesi Kecamatan, karena merupakan bagian dari perangkat desa, sehingga lebih mudah dalam koordinasi untuk kepesertaan BPJS ketenagakerjaan,”katanya.

Baca juga   Resmikan Alun-alun Garut, Ridwan Kamil Minta Perbanyak Kegiatan Kreatif

Ia menjelaskan, Saat ini dari empat Kecamatan dan beberapa desanya sudah mengikuti Kepesertaan Program BPJS Ketenagakerjaan.

“Dan juga ada desa di Kecamatan Cikajang yang mendaftarkan sampai perangkat RT RW nya.”tutupnya.
Menurut Ia, Hal ini karena, sudah ada Perangkat desa dari Kecamatan Cikajang itu, yang mendapatkan santunan jaminan kematian (JKM) sebesar 42 juta pada saat mengalami musibah kematian.

“Tentunya ini sangat membantu, ketika masyarakat sebagai pekerja mengalami musibah seperti kecelakaan Kerja ataupun kematian, tidak mengganggu secara finansial keluarga atau setidaknya tidak menambah tingkat kemiskinan di lingkungan, karena ada santunan santunan yang dapat memperkuat ketahanan untuk kelangsungan hidup,”ujarnya.

Ia berharap, Kegiatan sosialisasi ini, berlanjut, terutama dalam penganggaran iurannya, hal ini sesuai dengan Peraturan Bupati Garut No. 35 tahun 2020 , Tentang Kepesertaan Jaminan sosial Ketenagakerjaan dan  regulasi Permendagri Nomor 27 tahun 2021, tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022 untuk Non ASN. Sehingga tidak lagi membayar secara pribadi, tetapi lebih kepada penganggaran dari pemerintah daerah.

Baca juga   Inovasi Sariban Raih Penghargaan ASN Berprestasi dari Pemprov Jabar

“Mudah mudahan dengan adanya regulasi-regulasi ini,kepesertaan non ASN yang ada di SKPD dan perangkat-perangkat desa, bisa terealisasi,”ucapnya.

Selain itu, pihaknya berharap, Kegiatan Sosialisasi ini, bisa memicu kepesertaan khususnya di lingkungan Kabupaten Garut, baik pekerja formal maupun informal.

“Karena program BPJS Ketenagakerjaan ini, merupakan regulasi pemerintah, sehingga sudah seharusnya, unsur-unsur pekerja non ASN yang ada di lingkungan pemerintah daerah sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,”katanya.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Baznas Garut Tetapkan Zakat Fitrah Ramadan 1433 H/2022

Uncategorized

Kejari Garut Luncurkan Kampung Wisata Restorative Justice

Uncategorized

Sejarah Hari Buruh di Indonesia

Uncategorized

Bupati Garut Imbau Masyarakat Untuk Membayar Pajak Melalui E-Filling

Uncategorized

Pasca Porkab Garut, KONI Garut Minta Lakukan Pemusatan Latihan untuk Hadapi Porda Jabar 2022

Uncategorized

Istri meninggal & rawat 2 balita, Pak Cepi dapat Modal usaha dari Global Wakaf

Uncategorized

Resmikan Alun-alun Garut, Ridwan Kamil Minta Perbanyak Kegiatan Kreatif

Uncategorized

Pemkab Garut Gelar Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW Secara Virtual