Home / Sosial Budaya

Kamis, 28 Juli 2022 - 07:30 WIB

Muhammadiyah Bergerak Cepat Bantu Korban Banjir Garut

BANTU. Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Garut melalui LPBM.MDMC membantu penanganan pasca banjir di Kabupaten Garut

BANTU. Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Garut melalui LPBM.MDMC membantu penanganan pasca banjir di Kabupaten Garut

WARTA GARUT – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Garut melalui Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) membantu penanganan pasca banjir di beberapa wilayah di Kabupaten garut.Bantuan yang diberikan selain membersihkan rumah warga, juga membuka dapur umum dan bantuan logistik. 

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Garut, Mohammad Yusup Sapari, MMPd

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Garut, Mohammad Yusup Sapari, MMPd menuturkan, Muhammadiyah melalui LPB/MDMC sebagai mitra BPBD Kabupaten Garut berperan serta membantu penanganan sejak awal pasca banjir, seperti penyelamat barang, membersihkan rumah warga dari lumpur.

“ Hingga saat ini kita terus membantu masyarakat yang terdampak banjir hingga selesai tanggap darurat banjir,”tuturnya, saat diwawancara di kantor PDM Garut, Jalan Pembangunan Kecamatan Tarogong Kidul, Rabu (27/7/2022).

Baca juga   Pertahankan Sunnah Hasanah, SI Garut Rutin Laksanakan Khitanan Massal

Pihaknya juga, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat baik masyarakat muhammadiyah atau masyarakat umum yang telah memberikan bantuan melalui muhammadiyah.

“Alhamdulillah sudah disalurkan, kami juga mengajak masyarakat untuk membantu warga yang terdampak, terutama yang sangat diperlukan oleh warga saat ini,”katanya 

Ketua Pos Koordinasi LPBM (lembaga penanggulangan bencana Muhammadiyah ) Garut Wahyu Hidayat mengatakan, Melalui Gerakan Giat Bersih Muhammadiyah dilakukan oleh MDMC  bekerja sama dengan Kokam, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah dan Jamaah Tangguh dari perwakilan setiap cabang Muhammadiyah, membantu masyarakat yang terdampak banjir dan longsong di Kabupaten Garut.

Baca juga   Peran Wanita Jadikan Garut Lebih Kondusif, Dinamis, dan Maju dalam Peradaban

“Puncak Gerakan Giat Bersih Muhammadiyah Akbar di lakukan di Cimacan kemarin Minggu (25/7/2022) lalu,”ujarnya.

Selain giat bersih muhammadiyah,kata dia, Pihaknya juga melakukan layanan kesehatan masyarakat dan pendampingan psikososial Bagi anak-anak yang terdampak Banjir. 

“Kita membuka giat pelayanan kesehatan di Legok ringgit di kelurahan Sukamentri, Alhamdulillah respon masyarakat yang ikut serta dalam pelayanan kesehatan Muhammadiyah itu, cukup antusias sebanyak 125 masyarakat terdampak berhasil kita Periksa kesehatannya,”katanya.

Tak hanya itu, LPB/MDMC Garut bekerja sama dengan Pimpinan Daerah Aisyiyah dan Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah, membuka dapur umum dengan menyediakan makanan santap saji per hari 400 porsi. Makanan itu disebarkan di Dayeuh Handap, Babakan Pasar Baru, Ciwalen, Sindang Heula, Sindang Reret, Haurpanggung  dan Cimacan.

Share :

Baca Juga

Sosial Budaya

40 Relawan SIGAP Garut, Bantu Evakuasi Warga Terdampak Banjir 

Sosial Budaya

ACT Salurkan Aqiqah Kepada Masyarakat Prasejahtera 

Sosial Budaya

Jalin Silaturahmi, Alumni Kelas 2.4 SMUN 1 Tarogong Bersama Klinik Cikembulan Laksanakan Khitanan Massal

Sosial Budaya

UPZ Baznas , Bantu Pengumpulan dan Pendistribusian Zakat

Sosial Budaya

BPJS Ketenagaakerjaan Garut Serahkan Santunan Kematian untuk Tenaga Pendidik Keagamaan

Sosial Budaya

ACT Kembali Salurkan Bantuan, Kepada Pasien Pengidap Kanker Payudara

Sosial Budaya

Baznas Garut Peduli, Salurkan 6 Kaki Palsu Kepada Penyandang Disabilitas

Sosial Budaya

ACT-MRI bersama KTPI Berikan Layanan Kesehatan Bagi Penyintas Banjir di Garut