Home / Sosial Budaya

Kamis, 9 Desember 2021 - 21:41 WIB

Pandemi Bukan Hambatan untuk Perkembangan Koperasi 

POTO BERASAMA. Ketua DEKOPINDA Kabupaten Garut Dr. Ir. H. Tendy Kusmayadi, MP dan Ketua PKPRI Kabupaten Garut, Drs H Nandang Anwar, Msi beserta jajaran, poto bersama usai Kunjungan Kerja Dekopinda Garut, Kamis (9/12/2021)

POTO BERASAMA. Ketua DEKOPINDA Kabupaten Garut Dr. Ir. H. Tendy Kusmayadi, MP dan Ketua PKPRI Kabupaten Garut, Drs H Nandang Anwar, Msi beserta jajaran, poto bersama usai Kunjungan Kerja Dekopinda Garut, Kamis (9/12/2021)

GARUT KOTA, GARUT – Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Garut melaksanakan Program Kerja , Salah satu Program kerjanya yakni, melakukan kunjungan kerja kepada Koperasi-Koperasi  dalam bentuk Program Advokasi atau Pembinaan Kelembagaan Koperasi menjelang tutup buku Tahun 2021.

Ketua DEKOPINDA Kabupaten Garut Dr. Ir. H. Tendy Kusmayadi, MP menuturkan, Kunjungan kerja ini, untuk membangun sinergitas  antara Dekopinda Garut dengan Gerakan Koperasi, menurut Ia, karena fungsi Dekopinda sebagai Fasilitator, Advokasi dan edukasi.

“Kunjungan kerja resmi ini, untuk menggali Persoalan-persoalan yang dihadapi oleh anggota, terutama dampak dari pada covid-19,”tuturnya saat melakukan kunjungan kerja ke PKPRI Kabupaten Garut, Jalan Ciledug Kecamatan Garut Kota, Kamis (9/12/2021).

Hasil Kunjungan tersebut, Kata Ia, banyak membahas tentang  permasalahan yang berkaitan dengan aspek usaha, terhambatnya usaha terutama masa pandemi covid 19, seperti kemacetan pengembalian, serta anggotanya yang memiliki kaitan dengan perbankan. 

“Kita bantu memberikan solusi terbaik untuk koperasi primernya, maupun menjembatani dengan perbankan maupun instansi lainnya,”ujarnya.

Baca juga   IDI Garut Bersama DT Peduli Garut , Salurkan Puluhan Paket Bantuan Bagi Penyintas di Talegong

Selain itu, Pihaknya akan membantu menjembatani antara koperasi dengan Pemerintah Daerah, dalam hal ini pemangku kepentingan yakni Dinas Koperasi, untuk menyampaikan kesulitan atau masalah yang dihadapi oleh anggota Koperasi yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah.

“Kami membantu memfasilitasi Gerakan Koperasi dengan  stakeholder, untuk menyampaikan persoalan di Koperasi, mudah-mudahan bisa mengurangi beban yang dihadapi oleh para pengurus koperasi ,”ucapnya

Pihaknya berharap setelah pandemi covid-19 ini, Koperasi kembali bergairah, berkembang dan bisa membantu permodalan anggota maupun menyerap produk yang dihasilkan anggota Dekopinda.

“Pasca pandemi ini, semoga bisa kembali mensejahterakan  anggotanya, sehingga koperasi di Garut ini, terus tumbuh berkembang sesuai dengan asas dan prinsip koperasi,”katanya.

Ketua Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) Kabupaten Garut, Drs H Nandang Anwar, Msi mengapresiasi kunjungan kerja yang dilakukan oleh Dekopinda Garut, sehingga bisa bersama sama mencari jalan keluar untuk kemajuan Koperasi di Garut.

Baca juga   Ponpes Ansharu Sunnah Siapkan Generasi Islami, untuk Bangun Bangsa yang Lebih Maju

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Dekopinda Garut, kita dari gerakan koperasi mendapat pembinaan dan mendapatkan gambaran kegiatan koperasi di lapangan, termasuk program kerja yang akan dilaksanakan serta arahan terutama di masa pandemi covid-19,”ujarnya.

Ia menyebut, Dampak pandemi covid 19 ini, mempengaruhi kegiatan Koperasi, usaha simpan pinjam, anggota tidak bisa bayar cicilan dan jasa, Penurunan kapasitas daripada anggota untuk membayar kepada koperasi.

Oleh karean itu,  pihaknya dengan Dekopinda bersama-sama merumuskan untuk mencari jalan keluar setiap persoalan yang dihadapi oleh Koperasi, dan nantinya akan  disampaikan kepada Dinas Koperasi, sehingga terwujud suatu kerjasama antara Dekopinda, Gerakan Koperasi dengan Dinas Koperasi Kabupaten Garut.

“Kita berharap agar gerakan ekonomi, khususnya yang menyangkut dengan koperasi ini, terus bisa berkembang dengan baik. jangan sampai situasi pandemi ini menjadi hambatan,”ujarnya.

 

Share :

Baca Juga

Sosial Budaya

Baznas Serahkan Bantuan 71 Juta, untuk Program P2WKSS

Sosial Budaya

DT Peduli Garut Dirikan Dapur Umum untuk Korban Banjir Garut

Kesehatan

Peringatan HUT RI Ke-77 Perhutani IIKP KPH Garut Gelar Bakti Sosial Donor Darah

Sosial Budaya

MDMC Garut Berikan Pendampingan Psikososial Bagi Korban Banjir Bandang Garut

Kesehatan

Yudha Sebut 91.770 Balita di Garut Belum Mendapatkan Imunisasi Dasar Lengkap

Olahraga

Wabup Garut Berharap, PPLB Menambah Warna Seni, Budaya dan Olahraga

Sosial Budaya

Baznas Bantu Muzakki Salurkan Santunan Agar Tepat Sasaran

Sosial Budaya

ACT Garut nobatkan SMP IT Al-Khoriyyah sebagai sekolah dermawan