Home / Edukasi

Rabu, 1 Desember 2021 - 06:05 WIB

STIKes Karsa Husada Garut Raih Akreditasi Baik Sekali

TAROGONG KALER, GARUT– Sebanyak 568 Wisuda mengikuti sidang tebuka senat Akademik Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ( STIKes) Karsa Husada Garut,dalam rangka Wisuda dan Angkat Sumpah Lulusan Program Diploma, Sarjana dan Profesi Tahun Akademik 2021/2021.

Lulusan tersebut dari Program Studi (Prodi) D3 Keperawatan, D3 Kebidanan, Profesi Ners, D3 Analis Kesehatan  dan D3 Farmasi, dilaksanakan di Hotel Santika, Jalan Cipanas Baru, Desa Pananjung, Kecamatan Tarogong Kaler, Selasa (30/11/2021).

Ketua Stikes Karsa Husada Garut H Engkus Kusnadi, S.Kep, M.Kes Bersyukur, wisuda dan angkat sumpah tahun ini, dapat dilaksanakan dengan tatap muka kembali, setelah tahun sebelumnya dilaksankan dengan metode daring (online).

Ia menjelaskan, Pelaksanaan Wisuda ini, dilakukan dengan berbagai pertimbangan, diantaranya angka kejadian pasien baru, covid-19 yang menurun, lalu pencapaian vaksinasi yang semakin meningkat, sehingga pada saat ini, Kabupaten Garut telah kembali mencapai PPKM level 2.

“Kami juga memastikan, Kegiatan wisuda dan angkat sumpah ini, telah dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,”tuturnya.

Terkait terbitnya Permendikbud Ristek Nomor 2 tahun 2020,tentang Uji Kompetensi Mahasiswa Bidang Kesehatan, menetapkan regulasi kelulusan mahasiswa bidang kesehatan dilakukan secara exit exam.

Oleh Karena itu, Kata Ia, Kelulusan mahasiswa pada kegiatan uji kompetensi kesehatan, merupakan salah satu syarat dalam penentuan kelulusan di Perguruan Tinggi. “Para wisudawan hari ini, adalah mereka yang telah lulus uji kompetensi bidang kesehatan,”ujarnya

Baca juga   STIKes Karsa Husada Garut Laksanakan Wisuda Gelombang Dua Tahun Akademik 2021/2022

Pihaknya menyampaikan kelulusan uji kompetensi pada program studi D3 keperawatan sebesar 99%, D3 Kebidanan 96%, Profesi Ners 91%, D3 Analis Kesehatan 87% dan D3 Farmasi 68%. Secara keseluruhan, menurut Ia,  kelulusan uji kompetensi pada Stikes Karsa Husada Garut sebesar 88%.

“Mudah-mudahan teman-teman angkatan ini, yang belum lulus uji kompetensi mendapatkan kemudahan, Kelancaran dan lulus pada kegiatan uji kompetensi periode berikutnya,” katanya.

Kelululusan wisuda ini, kata Ia, merupakan awal untuk meniti karir di dunia kerja. Oleh karena Pihakanya mengimbau, Para Wisudawan untuk terus belajar, berkarya dan berkreasi untuk mengembangkan kualitas diri yang lebih baik sebagai lulusan Stikes Karsa Husada Garut yang Profesional, Bermartabat dan Agamis.

“Kami berpesan, agar senantisa menjaga  nama baik almamater kampus Stikes Karsa Husada Garut, kami yakin dan percaya, kalian adalah lulusan yang kompeten dalam menghadapi persaingan dan tantangan dunia kerja dimasa datang,”ucapnya.

H Engkus menerangkan, Pada 2021, Pihaknya telah melaksanakan kegiatan re-akreditasi untuk empat Program Studi ( Prosi), yaitu D3 Keperawatan, D3 Kebidanan, S1 Keperawatan dan Profesi Ners dengan hasil kategori “baik sekali”.

Baca juga   Pohon Samida akan Jadi Ikon Garut

“Kami juga sedang mempersiapkan penambahan program studi baru yaitu program studi pendidikan Profesi Bidan, oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini kami mohon doa dan dukungan dari semua pihak untuk kelancaran,”tuturnya.

Pihaknya berharap, Pemerintah Kabupaten Garut memberikan dukungan terhadap para lulusan baru, untuk mendayagunakan secara maksimal lulusannya, dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Garut.

Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, berpesan agar para lulusan wisuda mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari selama di kampus, untuk berbakti mengabdi kepada bangsa negara dan juga masyarakat

Ia menyebut, Penyerapan tenaga kesehatan masih tebuka luas, Baik di dalam negeri maupun di luar negeri.“Saya kira dari Stikes Karsa Husada sudah banyak yang profesinya, bukan hanya di Indonesia, tetapi banyak juga diterapkan di luar negeri,”ujarnya

Sementara Pihaknya, memberikan fasilitas-fasilitas kesehatan Pemerintah untuk berkiprah, juga membuka ruang  luas untuk menyerap tenaga kesahatan  di perusahaan swasta bidang kesehatan.

“Kita sangat kekurangan tenaga kesehatan, terutama dimasa pandemi-19, beberapa bulan yang lalu, terjadi ledakan, kita minta bantuan juga ke kampus-kampus. Termasuk Stikes Karsa Husada juga memberikan bantuan, tenaga penyuluhan,”ujarnya.

Share :

Baca Juga

Edukasi

Ketua Kwarcab Garut Lantik Mabiran Gerakan Pramuka Kecamatan Tarogong Kidul

Edukasi

Latih Kemandirian Siswa, MI AL Khoiriyyah Laksanakan Perkemahan Tingkat Penggalang

Edukasi

Al Mashduqi Islamic School Garut Menyelenggarakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

Edukasi

Pramuka Kwarcab Garut, Lakukan Persiapan Jelang Jambore Nasional XI Tahun 2022 

Edukasi

Mendidik di metaverse: Apakah ruang kelas virtual reality masa depan pendidikan?

Edukasi

Berikut 30 Link Twibbon Hari Raya Idul Adha 2022 dan Cara Penggunaannya

Edukasi

Kemah Pandu Intisab Jadi Nutrisi dan Kekuatan Berkhidmat di PUI

Birokrasi

Irvan Rivani Faza : Pengelolaan Bisnis dari Hulu Hingga Hilir Harus Dikuasai BUMD Garut