Home / Birokrasi

Kamis, 27 Januari 2022 - 19:03 WIB

Budaya Arsitektur Khas Garut Diharapkan Tidak Tergilas Perkembangan Zaman

Pelaksanaan Acara Roadshow Webinar IAI Jabar - Dekkson, di Ballroom Hotel Santika, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Selasa (25/01/2022).

Pelaksanaan Acara Roadshow Webinar IAI Jabar - Dekkson, di Ballroom Hotel Santika, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Selasa (25/01/2022).

GARUT, Tarogong Kaler – Budaya arsitektur khas Garut diharapkan tidak tergilas oleh pemkembangan zaman yang semakin canggih.

“Mudah-mudahan dalam loka karya ini, seminar ini kita bisa makin membuka, makin bisa mempertahankan ciri khas-ciri khas atau tarikan-tarikan dari suatu budaya arsiteknya di setiap wilayah khususnya Garut, dan jangan sampai budaya arsitek Garut itu tergilas oleh perkembangan zaman yang semakin canggih gitu, jangan sampai kita melupakan asli khasnya Garut itu seperti apa,” ujar Kepa Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Garut, Ahmad Mulyana, di hadapan hadirin dalam acara Roadshow Webinar Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jawa Barat – Dekkson, yang berlangsung di Ballroom Hotel Santika, Jalan Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Selasa (25/01/2022).

Baca juga   Bupati Garut : Saya Ingin Malangbong Maju

Menurutnya, ciri khas arsitektur sebuah bangunan itu, salah satunya bisa dilihat dengan melihat bentuk dari atapnya.

“Dari mulai atapnya mungkin ya, terutama ciri khas dari arsitek itu adalah bentuk dari atapnya sendiri gitu ya, dan kalo dari ornamen-ornamen lainnya itu adalah menyesuaikan dan tidak lupa juga itu jangan sampai sentuhan-sentuhan dari khas dari suatu budaya daerahnya jangan sampai ilang,” ucapnya.

Baca juga   Wabup Garut Tinjau Lokasi Terdampak Banjir Bandang Cisurupan

Profesi arsitek merupakan sebuah ilmu yang dituntut untuk mengembangkan kreativitas khayalan seseorang yang menekuni profesi tersebut. Maka dengan adanya webinar ini makin membuka cakrawala terkait dengan kearsitekan, terutama dalam mempertahankan bentuk asli dari budaya setiap daerah, termasuk Garut.

Share :

Baca Juga

Birokrasi

Bupati Garut Resmikan Gedung PMI

Birokrasi

Tim Satgas Garut Bebas Knalpot Bising, Lakukan Sosialisasi dan Edukasi kepada Siswa SMK YPPT Garu

Birokrasi

Perbaikan Infrastruktur akan Dilakukan Pasca Bencana

Birokrasi

Guna Memantau Mobilitas Warga, Diskominfo Garut Pasang CCTV di 13 Titik

Birokrasi

Pemkab Garut, Anggarkan 1,6 M untuk Bangun Jembatan Wareng di Pakenjeng

Birokrasi

Pemerintah Lakukan Detensi Terhadap Beberapa Produk Impor

Birokrasi

Momentum Hari Jadi Garut, Bisa Torehkan Sejarah

Birokrasi

Polres Garut menggelar Apel Gabungan Operasi Lilin Lodaya 2021