Home / Edukasi

Rabu, 3 Agustus 2022 - 22:45 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Garut Bersama Anggota DPR RI HJ Nurhayati, Lakukan Optimalisasi Program BPJamsostek 

SOSIALISASI.BPJSKetenagakerjaan Kantor Cabang Garut bersama Anggota DPR RI Komisi IX Hj Nurhayati melakukan Sosialisasi Inpres No 2 Tahun 2021 di Desa Indralayang Kecamatan Caringin Kabupaten Garut, Rabu (27/7/2022).

SOSIALISASI.BPJSKetenagakerjaan Kantor Cabang Garut bersama Anggota DPR RI Komisi IX Hj Nurhayati melakukan Sosialisasi Inpres No 2 Tahun 2021 di Desa Indralayang Kecamatan Caringin Kabupaten Garut, Rabu (27/7/2022).

WARTA GARUT – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Garut mendampingi Anggota DPR RI Komisi IX Hj Nurhayati dalam melakukan Sosialisasi Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Kegiatan Sosialisasi ini dilakukan di Desa Indralayang Kecamatan Caringin Kabupaten Garut, Rabu (27/7/2022).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Garut Fajar Akhmadi menuturkan, Dalam Sosialisasi itu disampaikan Edukasi dan sosialisasi mengenai pentingnya Perlindungan Jaminan sosial ketenagakerjaan bagi masyarakat, terutama Masyarakat Desa Indralayang Kecamatan Caringin Kabupaten Garut, hal ini karena  di Desa tersebut banyak masyarakat yang melakukan pekerjaan secara mandiri. 

Baca juga   Kuliah di Staida Muhammadiyah Garut mengasyikan

“Perlindungan ini penting untuk bisa diikuti bersama oleh masyarakat pekerja, baik pekerja formal maupun pekerja informal,”katanya kepada Warta Garut, Rabu (3/8/2022).

Ia menerangkan, Kultur masyarakat masyarakat di Desa Indralayang kebanyakan Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) seperti menjadi petani penggarap, berkebun dan nelayan yang secara geografis dekat dengan laut, Baik melalui Individu (masing masing) ataupun melalui wadah Komunitas, Himpunan atau asosiasi terhadap pekerja sektor informal.

Fajar menyebut, Peran dan fungsi dari stakeholders (Pemangku kepentingan) tersebut berperan penting, karena bisa lebih lebih efektif, cepat dan efisien dalam mem-boosting  kepesertaan  BPU di Kabupaten Garut,”katanya

Baca juga   Bentengi Masyarakat dari paham Intoleran dan Radikalisme, Kecamatan Cigedug Bentuk Forum Sinergitas

“Kami dengan senang hati akan Melakukan kolaborasi dengan masing-masing perwakilan representasi dari asosiasi ataupun himpunan, Sehingga kita bisa sama- sama  melakukan perluasan atas perlindungan terhadap pekerja Indonesia khususnya di Kabupaten Garut,”ujarnya. 

Ia menilai,Kabupaten Garut sangat besar potensinya, karena banyak pekerja Bukan Penerima Upah (BPU).

Dalam sosialisasi itu, kata dia, Sekitar 200 Pekerja mandiri (Pekerja BPU) dari warga Desa Indralayang mendaftar menjadi peserta BPJamsostek.

“Kita berharap, Pendaftaran 200 Pekerja BPU itu, bisa menjadi menjadi awalan yang baik untuk diikuti oleh kelompok- kelompok pekerja lain, baik dari segmen Pekerja Upah (PU), Khususnya BPU,”ucapnya.

Share :

Baca Juga

Edukasi

Pembentukan Forum Sinergitas penting, untuk Antisipasi Paham Menyimpang

Edukasi

Garut Juara Umum Porsadin ke – 6 tingkat Jabar

Edukasi

Satu Jamaah yang Tertunda  Akibat Sakit, Dinyatakan Sehat dan Tunggu Proses Kepulangan

Edukasi

Moderasi Beragama Mewujudkan Toleransi dan  Kondusifitas di Kabupaten Garut

Edukasi

Perhutani Bersama STIE Yasa Anggana Kabupaten Garut Gelar Penanaman Pohon

Edukasi

BUDIKDAMSEL, Cara Jitu Mahasiswa KKNT IPB 2021 Mengubah Selokan Jadi Kolam Ikan

Edukasi

MA Al Mashduqi Garut Raih Juara III Kompetisi Sains Tingkat Jawa Barat

Edukasi

Ponpes Ansharu Sunnah Siapkan Generasi Islami, untuk Bangun Bangsa yang Lebih Maju