Home / Edukasi

Jumat, 29 Juli 2022 - 06:49 WIB

Jatuh pada Tanggal Berapa 1 Muharram 2022 ? Berikut Info Lengkapnya

gambar by pixabay

gambar by pixabay

Tahun Baru Islam merupakan hari besar bagi umat muslim di seluruh dunia sekaligus menjadi hari penting dalam sejarah Islam. Hal itu karena Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah menandai peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Makkah ke Madinah pada 622 Masehi, yang menjadi awal mula ditetapkannya 1 Muharram.

Adapun sejarah Tahun Baru Islam yakni penetapan awal mula ditetapkannya 1 Muharram itu tidak lepas dari peran Khalifah Umar bin Khattab. Dilansir dari laman resmi Al Ain University, sejarah penentuan awal Tahun Baru Islam itu diprakarsai oleh Khalifah Umar bin Khattab dengan persetujuan Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.

Penggunaan penanggalan hijriyah sebagai momen awal kalender Islam itu dengan ditetapkannya tahun 622 Masehi (hijrahnya Nabi Muhammad SAW) sebagai tahun pertama kalender hijriyah. Kala itu adalah tahun ke-17 setelah peristiwa hijrah atau 3-4 tahun saat kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab.

Baca juga   KKN ITG Bantu Percepatan Pemulihan Ekonomi Lewat Pendekatan Teknologi

Hingga kini, 1 Muharram diperingati sebagai Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah. Lantas, kapan tanggal 1 Muharram 2022? Simak informasinya berikut ini.

1 Muharram 2022 Jatuh pada Tanggal 30 Juli 2022

Untuk menjawab pertanyaan 1 Muharram 2022 jatuh pada tanggal berapa dapat merujuk pada SKB 3 Menteri. Dalam Surat Keputusan Bersama 3 Menteri memuat penetapan hari libur nasional. Terasuk penetapan tanggal 1 Muharram 2022 sebagai hari libur Tahun Baru Islam 2022.

Baca juga   Islam bisa dibangun dengan kokoh dengan Pondasi Ilmu dan Akhlak

Berdasarkan SKB 3 Menteri, 1 Muharram 2022 jatuh pada tanggal 30 Juli 2022. Tahun ini 1 Muharram 2022 adalah 1 Muharram 1444 Hijriah. Dengan kata lain, penetapan tanggal 1 Muharram 2022 sebagai peringatan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah adalah pada tanggal 30 Juli 2022. Dan tanggal 1 Muharram 2022 jatuh pada hari Sabtu.

Sampai saat ini, belum ada perubahan terkait SKB 3 Menteri. Sehingga, bagi yang menanyakan apakah Tahun Baru Islam 2022 diundur? Mengingat penetapan Idul Adha 2022 mundur satu hari dari tanggal yang telah ditentukan sebelumnya, jawabannya adalah tidak. Tahun Baru Islam 2022 tidak diundur dan tetap diperingati pada Sabtu, 30 Juli 2022. (news.detik.com)

Share :

Baca Juga

Edukasi

Rektor Universitas Garut : Alun Alun Garut Harus Dipelihara dan Dimanfaatkan Sebaik-baiknya

Edukasi

MUI Garut Himbau,Tempat Hiburan Agar Tutup Selama Ramadhan

Edukasi

Konsolidasi dan Pembinaan, Bisa berikan Solusi terkait keresahan Masyarakat

Edukasi

IPI Garut Jalankan Fungsi Strategis Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Terhadap Masyarakat

Edukasi

Ponpes Ansharu Sunnah Siapkan Generasi Islami, untuk Bangun Bangsa yang Lebih Maju

Edukasi

Komunitas Jeep Garut Dukung Kegiatan Outbond Wisata Ceria Hiking Santri Tafakur Alam

Edukasi

Ketua MUI Pusat  : Garut , Daerah pertama mengadakan Pelatihan Penggerak Dakwah Islam Wasathiyah

Edukasi

Amankan Aset, Muhammadiyah Garut Teken MoU dengan BPN