Home / Bisnis

Jumat, 8 Oktober 2021 - 21:21 WIB

Gula Aren Cap Lodong, Pemanis alami untuk Makanan dan Minuman

TUNJUKAN. Owner Gula Bubuk Aren Bungbulang Cap Lodong Jajang Nurjaman menujukan Produk unggulannya.

TUNJUKAN. Owner Gula Bubuk Aren Bungbulang Cap Lodong Jajang Nurjaman menujukan Produk unggulannya.

BUNGBULANG, GARUT – Gula Bubuk Aren Bungbulang Cap Lodong, yang di produksi oleh UMKM dari Kampung Tegallega Desa Hegarmanah Kecamatan Bungbulang ini, merupakan Produk Gula aren bubuk yang lang langsung di oleh ari bahan dasar nira.

Owner Gula Bubuk Aren Bungbulang Cap Lodong Jajang Nurjaman menuturkan ada tiga jenis olahan Gula aren yakni, Jenis Pure yang diolah secara batangan, kemudian Mix dan Nira.

“ Kami lebih fokus mengolah nira langsung menjadi produk gula aren bubuk,  Bahan nira, kami diperoleh langsung dari petani di Bungbulang,  ,” tuturnya, saat ditemui di Perumahan Cijati Asri Kamis (7/10/2021).

Pihaknya mengaku, Produksi Gula Aren Cap Lodong, setiap harinya sekitar 150 pieces. kemasan produk itu, mulai kemasan 100 gram hingga kemasan bal dengan berat 25 Kg.

Baca juga   Valencia Cake & Cookies, Gunakan Bahan Premium dan Bersertifikat Halal

“Gula Aren Bungbulang  Cap Lodong ini, bisa tahan sampai satu tahun, karena diproses secara alami tanpa bahan pengawet,”ujarnya.

Jajang menyebut, Gula Aren Cap Lodong bisa digunakan untuk campuran kopi, Kue, martabak dan bisa dijadikan pemanis makanan dan minuman lainnya, serta sifat gula aren ini, mudah larut dalam air.

“Paling penting , Gula Aren Cap Lodong ini, simpel tidak perlu ngurud gula,  juga mudah dibawa kemana aja, simpel bisa masuk Tas,” katanya.

Sementara pemasaran, Pihakanya menggunakan dua cara, yakni melalui Offline dengan menitipkan di toko oleh-oleh yang ada di Garut.,Bandung dan Jakarta.

Untuk di Jakarta, ia mengaku, telah bergabung dengan komunitas Indonesia berseru, salah satu komunitas organik yang peduli terhadap pangan lokal.

Baca juga   Presiden SI : Kekuatan Ekonomi Kaum Syarikat Islam, Akan Memancar sehingga Jadi Kekuatan Bangsa

“ Alhamdulillah produk Gula  Aren bubuk Cap Lodong, sudah beberapa kali mengikuti Festival di Jakarta, Bali dan menjadi Juara Lomba Desa di Bungbulang,”katanya.

Pada masa pandemi covid-19 ini, kata dia, hampir 90 persen pemasaran dilakukan lewat online, Produkgula aren itu dipasarkan melalui Marketplace ternama juga melalui media sosial.

Ia menargetkan untuk kedepannya, akan memaksmilakan pemasaran lebih luas lagi, Apalagi, kata dia, Produk gula aren Cap Lodong telah memperoleh sertifakt halal dai MUI.

Karena, menurut dia, dengan meningkatnya penjualan akan mempengaruhi tingkat produksi barang sehingga sehingga bisa memberdayakan warga  sekitar.

“ Semakin  naik omsetnya amaka produksi akan meningkat sehingga bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi,”ujarnya ingin meciptakan lapangan kerja untuj warga sekitarnya.

Share :

Baca Juga

Bisnis

Hotel Harmoni Garut,  Juara 1 Festival Kuliner Nusantara Garut 2021, kategori Nasi Liwet Pangenahna

Bisnis

Kopi Dewek, Kopi Garut Asli, Murah dan Kerkualitas

Bisnis

Modena Hadirkan Chest Freezer Terbaru, Siap Dukung Bisnis Kuliner Pelanggan

Bisnis

JTravel Garut Berangkatkan Jamaah Umroh Perdana

Birokrasi

Kontes Ternak Domba Garut Ajang Tingkatkan Gairah Para Peternak

Bisnis

5 UMKM Garut Dapat Sertifikat Halal MUI

Birokrasi

Wabup Garut Tinjau Kesiapan Objek Wisata Situ Bagendit

Bisnis

Bank BJB Garut Dorong Peningkatan Industri Kecil Menengah di Garut